Powered by Blogger.

Follow us on facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Blog Archive

Menu

Popular Posts

Tuesday 9 January 2018

Drone DJI Kirim Data Rahasia Pengguna Dari Amerika Ke China

azcreative     January 09, 2018    


Department of Homeland Security Amerika Serikat (DHS) baru-baru ini menuduh Da-Jiang Innovations (DJI), salah satu produsen pesawat tak berawak paling populer saat ini, dikabarkan mengirimkan informasi sensitif tentang infrastruktur A.S. ke China melalui pesawat komersial dan perangkat lunak yang tertanam pada drone nakal mereka.


Sebuah memo salinan dari kantor Immigration and Customs Enforcement bureau (ICE) - Los Angeles telah mulai beredar secara online baru-baru ini, dengan menyatakan bahwa drone DJI mengirimkan data infrastruktur dan penegakan hukum AS ke China secara rahasia. Namun, biro tersebut menyatakan bahwa data penting yang dikumpulkan oleh sistem DJI kemudian dipergunakan secara maksimal oleh pemerintah China untuk melakukan serangan fisik atau serangan cyber terhadap infrastruktur penting AS.

Memo tersebut juga menyebutkan bahwa data yang dicuri dari Amerika akan digunakan untuk target pengentaian Pemerintah China, diantaranya adalah sistem kereta api, sistem air, fasilitas penyimpanan bahan berbahaya, dan pembangunan jalan raya, jembatan, dan rel. Memo tersebut, yang ditandai sebagai "unclassified/law enforcement sensitive," telah ada sejak Agustus tahun ini, namun baru-baru ini diterbitkan oleh Public Intelligence project.

Dalam memo tersebut, ICE mengutip apa yang disebutnya sebagai sumber terpercaya di industri pesawat tak berawak "with first and secondhand access" namun tidak mengidentifikasinya, dengan menyebutkan bahwa kekhawatiran tersebut melebihi drone DJI yang digunakan oleh perusahaan dan institusi, bukan yang diterbangkan oleh penggemar di AS dan tempat lain.

Menurut ICE, pesawat tak berawak DJI beroperasi di dua aplikasi smartphone Android - DJI GO dan Sky Pixels yang secara otomatis menandai citra GPS dan lokasi, mengakses data telepon pengguna, dan data pengenalan wajah bahkan saat sistem dimatikan.

Selain itu, ICE mengatakan bahwa aplikasi tersebut juga menangkap identifikasi pengguna dan informasi pribadi, seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, kredensial komputer, gambar, dan video mereka.

    "Sebagian besar informasi yang dikumpulkan mencakup data infrastruktur kritis dan sensitif, seperti citra panel kontrol daya yang rinci, ukuran keamanan untuk lokasi infrastruktur kritis, atau bahan yang digunakan dalam konstruksi jembatan," seperti yang tertulis dalam memo ICE.

Mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, ICE menuduh bahwa DJI kemudian secara otomatis mengupload informasi yang dikumpulkan ini ke sistem penyimpanan awan yang berada di China, Taiwan, dan Hong Kong, yang kemungkinan dimiliki oleh pemerintah China. Akibat tuduhan tersebut, pembuat pesawat tak berawak DJI menolak tuduhan yang telah dilontarkan, dengan mengatakan bahwa memo dari kantor pemerintah AS didasarkan pada "klaim yang jelas palsu dan menyesatkan."

    "Tuduhan dalam buletin sangat salah karena masalah faktual bahwa ICE harus mempertimbangkan untuk menariknya, atau setidaknya memperbaiki asersi yang tidak dapat didukung," kata DJI dalam sebuah pernyataan, yang dikutip oleh The New York Times.

Menurut juru bicara DJI, pengguna memiliki kontrol penuh atas berapa banyak data yang dapat mereka bagikan dengan pembuat drone China, dan fungsi otomatis yang ditawarkan oleh aplikasi DJI untuk menyimpan log penerbangan pengguna juga dapat dimatikan.

Apalagi DJI baru saja menambahkan fitur baru yang memungkinkan pilot memotong semua koneksi internet luar sementara pesawat tak berawak terbang. Menurut perusahaan penelitian drone Skylogic Research, DJI mendominasi pasar drone dengan pangsa hampir dua pertiga di Amerika Serikat dan Kanada. Bukan hanya penggemar, DJI drone juga digunakan oleh pelanggan komersial seperti kontraktor, polisi dan agen real estat.

0 comments :

© 2011-2014 Az Creative. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .