Semenjak kedatangan Honda CRF150L di pasar Indonesia, ketenangan KLX
150 yang selama ini tidak ada pesaing berarti nampaknya mulai terganggu.
Bagaimana tidak, meskipun baru diluncurkan pada bulan November 2017,
penjualan CRF150L tersebut mampu menembus angka sekitar 6000an unit di
tahun 2017 tersebut. hal ini nampaknya dibaca oleh Kawasaki untuk lebih
waspada agar singgah sana dari KLX 150 tidak direbut oleh pabrikan
Jepang saingannya tersebut.
Kabarnya,
Kawasaki sudah menyiapkan varian baru dari KLX 150 ini untuk menjadi
tameng dari serangan dan ancaman ganasnya penjualan Honda CRF 150L.
Namun meskipun demikian, Kawasaki rupanya tidak mau buru-buru untuk
meluncurkan varian baru dari KLX ini. Bahkan, peluncuran varian baru
tersebut tidak akan dilakukan pada tahun ini. “Kami sudah jadwalkan
refreshment tapi tidak tahun ini,” jelas Deputy Head Sales &
Promotion Marketing Division KMI Michael Chandra di Sirkuit Sentul yang
Mas Sena lansir dari Liputan6Otomotif.
Hingga saat ini, Kawasaki
sendiri disebut-sebut masih terus melakukan survei dan studi mengenai
apa saja yang perlu diperbarui. Namun demikian, Michael masih tetap
enggan membocorkan detail pembaruan yang akan dilakukan pada KLX 150
tersebut. KLX 150 ini sendiri memang belum lama ini telah diperbarui
yakni 7 bulan yang lalu. Di mana, pembaruan tersebut hanya pada sektor
warna saja.
Menilik spesifikasi yang dibawa oleh KLX 150 sendiri
memang cukup ideal untuk motor trail Indonesia. Dengan dimensi panjang
2.070 mm, lebar 825 mm, tinggi 1.155 mm dengan bobot 118 kg. Jarak sumbu
roda 1.340 mm, jarak ke tanah 295 mm, kapasitas bensin 6,9 liter.
Dimensi yang dibawanya tersebut memang sangat pas untuk ukuran orang
Indonesia.
Mesinnya sendiri yang bekapasitas 144 cc masih menggunakan sistem pembakaran karburator. Hal ini menjadi satu hal yang berbeda dari pesaingnya yakni Honda CRF150L yang sudah menggunakan sistem injeksi. Tenaga yang dihasilkan mesin KLX ini pun terbilang cukup besar yakni mencapai 12 Tk pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada putaran 6.500 rpm.
0 comments :