Powered by Blogger.

Follow us on facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Menu

Popular Posts

Friday 2 February 2018

Tips Mengurangi Flare Pada Foto dengan Mudah

azcreative     February 02, 2018    


Tips Mengurangi Flare Pada Foto – Bagi kawan-kawan pecinta fotografi yang kerap mengalami masalah flare pada foto, tips mengurangi flare pada foto tentu akan sangat bermanfaat untuk diketahui. Flare pada foto sendiri merupakan kilauan warna membentuk bulatan tertentu yang akan muncul akibat subjek berhadapan langsung dengan sumber cahaya. Dalam fotografi terdapat dua jenis flare yang perlu diperhatikan. Dengan mengetahui kedua jenis flare tersebut sedikit banyak akan membantu dalam tips mengurangi flare pada foto. Yang pertama disebut dengan specular flare yaitu flare yang akan muncul di sepanjang frame pada foto. Sedangkan yang kedua disebut dengan veiling flare yang mana masuk ke bagian gelap dalam foto sehingga mengurangi kontras, ketajaman dan definishing detail. Untuk jenis veiling flare lebih tersamar dan tidak terlalu mencolok. Nah, lantas bagaimana sih tips mengurangi flare pada foto?
Tips Mengurangi Flare Pada Foto
Jangan khawatir, DIYKamera kali ini akan menjelaskan secara lengkap mengenai tips mengurangi flare pada foto yang tentunya akan sangat berguna bagi kawan-kawan. Masalah flare ini sendiri sebenarnya tidak hanya terjadi pada fotografer yang masih awam saja melainkan bisa juga terjadi pada orang yang sudah profesional sekalipun. Namun, flare biasanya juga terjadi tergantung dari kualitas optik maupun coating lensa yang dipakai. Dalam dunia fotografi, tips mengurangi flare pada foto sangatlah penting pasalnya flare sangat mengganggu karena dapat menutupi objek yang sedang difoto namun untuk dunia sinematografi efek flare lensa justru menjadi daya tarik sendiri. Nah, untuk menghindari flare pada fotografi sebaiknya mengusahakan agar cahaya tidak langsung menabrak bagian depan lensa. Selain itu juga ada beberapa tips mengurangi flare pada foto yang bisa kamu lakukan yang akan DIYKamera jelaskan pada segmen di bawah ini.
Cara Menghilangkan Flare Di Photoshop

Tips Mengurangi Flare Pada Foto

  1. Mengurangi Flare dengan Tangan
Jika objek yang akan kita potret berada tepat berhadapan dengan lensa kamera, tips mengurangi flare pada foto yang dapat kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan tangan. Kamu bisa menggunakan ibu jari kamu untuk menutupi cahaya matahari. Tenang saja, ibu jari yang muncul pada foto bisa kawan hapus dengan pengolahan gambar. Menggunakan ibu jari agar mengurangi flare bisa kamu lakukan dengan cara berikut:
  • atur pengambilan foto sesuai dengan angle yang kamu inginkan.
  • Kemudian setting kamera pada pengaturan ideal mulai dari shutter speed, aperture dan ISO-nya.
  • Setelah sudah menyetting kamera dengan benar, selanjutnya gunakan ibu jari kamu untuk menghalangi matahari pada frame.
  • Agar tidak kesulitan saat mengobntro kamera dengan mengangkat jari maka gunakan hitungan mundur 2 detik caranya dengan mengubah Drive Mode kamera kamu.
  1. Mengubah Posisi
Tips mengurangi flare pada foto lainnya yang cukup mudah dilakukan adalah mengubah posisi angle atau mengubah sudut pandang lensa kamu. Namun cara ini akan menghasilkan frame tidak sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun, jika cara kamu dalam mengambil posisi tepat maka objek gambar akan tetap terlihat menarik.
  1. Gunakan Lensa Hood
Lensa hood atau tudung lensa sangat tepat untuk mengatasi flare pada foto. Biasanya lensa hood ini dipasang pada ujung lensa semacam pelindung bagian optik lensa. Lensa hood ini berfungsi seperti layaknya kita sedang menggunakan topi ketika di bawah teriknya sinar matahari sehingga bisa menangkal sinar matahari yang jatuh ke permukaan optik lensa kamera kamu. Sayangnya tips mengurangi flare pada foto dengan lensa hood ini dinilai tidak begitu efektif jika digunakan pada lensa dengan sudut yang lebar notabene sangat rentan terkena flare.
  1. Pilih Coating Lensa yang Berkualitas Baik
Seperti yang telah disinggung di atas bahwa flare bisa muncul karena kualitas coating lensa yang kurang baik. Biasanya lensa yang sudah modern sudah dirancang dengan bagian optik dilapisi dengan teknik tertentu sehingga bisa mengurangi adanya flare pada gambar. Maka dari itu, sebelum memilih lensa sebaiknya untuk memastikan bahwa lensa tersebut menggunakan teknik yang sudah mereduksi flare.
  1. Rawat Lensa Agar Tidak Kotor dan Berembun
Kadangkala kita lupa untuk merawat lensa kamera ketika sudah digunakan. Untuk itu, tips mengurangi flare pada foto yang tergolong mudah namun jarang diperhatikan adalah melakukan perawatan terhadap lensa dengan rutin agar tidak menimbulkan flare pada gambar ketika digunakan. Hal ini bisa terjadi jika berada di tempat yang lembab maka dari itu, sebaiknya untuk menggunakan silica gel agar lensa pada kamera tidak mudah berembun atau berminyak. Selain itu, kawan juga dapat membersihkan secara rutin dengan kain pembersih kaca yang seperti digunakan untuk membersihkan lensa pada kacamata.
Cara Menghilangkan Pantulan Cahaya Di Photoshop
Beberapa tips mengurangi flare pada foto di atas bisa mengatasi flare yang kerap kali mengganggu tampilan gambar hasil jepretan. Pastikan untuk melakukannya dengan benar dan penggunaan lensa yang tepat agar foto yang dihasilkan terlihat jernih. Dengan beberapa cara di atas, tentu kini kawan-kawan yang sering mengalami masalah flare saat melakukan pengambilan gambar kini tidak perlu khawatir. Demikian beberapa hal mengenai tips mengurangi flare pada foto yang telah DIYKamera sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktekan!!

0 comments :

© 2011-2014 Az Creative. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .