Powered by Blogger.

Follow us on facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Menu

Popular Posts

Friday 2 February 2018

Manfaat Lens Hood yang Wajib Diketahui Fotografer Pemula

azcreative     February 02, 2018    


Manfaat Lens Hood – Bagi sebagian besar fotografer professional tentu sudah mengetahui manfaat lens hood, lens hood merupakan aksesori pelengkap DSLR yang tak boleh dilewatkan begitu saja ketika melakukan aktivitas pemotretan. Lens hood merupakan sebuah bulatan pada bagian depan optik yang dapat dilepas pasang. Bentuk dan manfaat lens hood pun bermacam-macam, tetapi yang umum ditemui adalah bentuk bung tulip dan bentuk bundar.
Manfaat Lens Hood
Lensa hood tersebut banyak ditemui pada berbagai kamera DSLR, kecuali pada lensa kit 18-55 mm. untuk lensa kit 18-55 mm tersebut, bukan bawaan dari pabrik sehingga pengguna harus membelinya secara terpisah. Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai lens hood dan manfaat lens hood, mari kita simak ulasan di bawah ini!
Manfaat Menggunakan Lens Hood

Manfaat Lens Hood

  1. Untuk Melindungi Lensa
Dalam hal ini, manfaat lens hood dapat melindungi lensa dari bahaya benturan maupun air dan debu. Dengan adanya lens hood yang melingkar pada lensa kamera, maka tentunya lensa tak akan tersentuh langsung oleh berbagai kotoran dan juga dapat dari berbagai benturan. Hanya benturan dengan benda-benda tertentu saja yang dapat masuk ke dalam lensa tersebut.
Tak hanya itu saja, dengan manfaat lens hood tersebut, maka juga akan meminimalisir potensi kerusakan pada lensa, seperti lensa pecah atau terkena goresan ketika sedang memotret di luar ruangan. Oleh karenanya, banyak fotografer pro yang menggunakan lens hood ini karena merasakan manfaatnya secrara nyata, yaitu lebih melindungi lensa kamera.
  1. Mencegah Flare
Manfaat lens hood yang satu ini memang cukup vital. Flare merupakan sebuah cahaya atau dapat dikatakan sebagai pancaran cahaya yang muncul akibat mekanisme pembentukan citra yang tidak diinginkan. Bisanya flare tersebut terjadi karena adanya pantulan internal maupun bahan atau material lensa yang kurang homogen. Di sinilah lens hood tersebut berperan.
Dengan adanya lens hood yang melingkari optik depan lensa, manfaat lens hood dapat mencegah flare masuk. Apabila flare tersebut masuk, maka akan sangat mengganggu foto yang dihasilkannya seperti hilangnya detail foto maupun foto tampak buram dan berkabut. Dengan demikian, maka ketika memotret terutama di luar ruangan atau di bawah terik matahari, maka kamu harus membawa lens hood untuk mengatasi flare itu.
  1. Lebih Kelihatan Professional
Manfaat lens hood yang satu ini memang tidak berpengaruh secara teknik, namun tentu hal ini akan mempengaruhi kepercayaan diri. Pasalnya, orang yang melihatmu tentu akan berbeda dibandingkan kamu tak menggunakan lens hood. Jika kamu menggunakan lens hood, maka kamu akan terlihat seperti fotografer profesional yang tampak benar-benar paham aktivitas fotografi yang sedang dikerjakannya. Oleh karenanya, jika fotografi kamu anggap sebagai profesimu, maka kamu harus menggunakan aksesori satu ini untuk menampilkan kesan yang baik, terutama ketika kamu akan memotret pelangganmu.
Lens Hood Adalah
Meski manfaat lens hood ini cukup banyak, namun lens hood ini juga tak lepas dari kekurangan. Beberapa hal yang menjadi kekurangan dari penggunaan lens hood tersebut antara lain dapat terjadi vignetting, flash, maupun dapat menghabiskan ruang. Namun demikian, tentu saja kita tidak bisa mengesampingkan manfaat lens hood tersebut yang terbilang akan cukup berpengaruh pada hasil dan kualitas gambar. Nah, DIYKamera rasa demikian ulasan yang dapat diberikan untuk kawan-kawan. Semoga ulasan mengenai manfaat lens hood tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi kawan-kawan semua.

0 comments :

© 2011-2014 Az Creative. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .