Powered by Blogger.

Follow us on facebook

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Menu

Popular Posts

Friday 2 February 2018

4 Penyebab Foto Buram yang Sering Tidak Disadari

azcreative     February 02, 2018    


Penyebab Foto Buram – Jika sobat sebagai seorang fotografer, tentu wajib tahu beberapa penyebab foto buram. Pada umumnya, tentu hal ini sangat mengganggu hasil foto yang kita bidik. Sehingga, kesan seni dan pesan yang tergambar atau terlukiskan pada foto pun menjadi hilang. Tentu saja, ada beberapa hal yang membuat foto buram yang patut untuk kawan ketahui dan kenali. Mengingat di antara penyebab tersebut justru terkadang muncul dari beberapa faktor tanpa kita sadari. Lantas, kira-kira apa saja sih penyebab foto buram itu? Tenang, DIYKamera akan membahasnya secara lebih detail.
Penyebab Foto Buram
Tentu, setiap fotografer pernah mengalami hasil foto yang buram dan parahnya tak banyak yang tahu penyebab foto buram. Padahal jika kita tahu penyebabnya, tentu masalah tersebut bisa kita atasi dan dicegah. Dengan kata lain, hasil foto yang buram juga tak hanya dipengaruhi oleh seberapa baik sobat mengambil gambar. Yang jelas bahwa ada beberapa faktor yang mungkin dianggap sepele dan menjadi penyebab dari foto yang menjadi buram. Sehingga, tak heran jika untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya kita kenali dan pahami beberapa penyebabnya. Nah, berikut di bawah ini beberapa penyebab foto buram yang harus kawan-kawan ketahui.
Penyebab Foto Blur

Penyebab Foto Buram

Berikut ini akan dijelaskan beberapa faktor dari penyebab foto buram. Antara lain sebagai berikut :
  1. Fokus Kamera yang Kurang Pas
Penyebab foto buram yang pertama yaitu salah fokus pada titik foto yang akan kita bidik sehingga obyek yang kita akan ambil fotonya menjadi tak jelas. Memang, saat ini pada setiap kamera bahkan smartphone sekalipun sudah ada autofocus untuk membidik titik fokus. Namun, tak jarang juga ada bagian dari foto yang jernih, tapi bagian lain (termasuk objek utama) malah buram. Tentu saja, untuk mengatasi hal ini, kawan-kawan harus bisa menitikberatkan titik fokus dengan tepat pada obyek gambar yang akan dibidik.
  1. Obyek Foto Bergerak Saat Dibidik
Jika hasil foto buram, kemungkinan lain penyebab foto buram juga bisa terjadi karena ada gerakan pada obyek foto ketika shutter terbuka. Dalam hal ini, kawan-kawan bisa mengetahui masalahnya dengan melihat objek. Jika beberapa bagian dari objek tampak jelas sementara bagian lainnya buram, berarti objek bergerak ketika shutter sedang terbuka. Atau, objek bergerak terlalu cepat dan buram sementara daerah sekitarnya (yang tidak bergerak) tampak jelas. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, sobat bisa mengatur flash dan menaikkan ISO.
  1. Gerakan Kamera
Ketika sedang memotret obyek, tentu secara tak sadar kamera mungkin bergerak ketika shutter terbuka. Sehingga, hal tersebut justru menjadi penyebab foto buram. Oleh sebab itu, sebelum membidik foto yang akan kita ambil ada baiknya kita harus benar-benar meyakinkan bahwa kamera tak bergerak supaya hasil foto menjadi lebih tampak tajam dan jelas.
  1. Depth of Field yang Sempit
Kemudian, penyebab lain foto menjadi buram juga bisa dikarenakan Depth of Field yang ukurannya terlalu sempit. Depth of field adalah nama untuk efek kamera dimana objek terfokus tapi backgroundnya tidak. Ini akan membuat objek menonjol karena menjadi satu-satunya hal yang bisa dilihat dengan jelas. Nah, untuk Untuk mengatasi penyebab foto buram yang satu ini, apabila sobat menggunakan kamera DSLR dengan Aperture Priority, pindahkan pengaturan fokus ke manual dan atur ring fokus bersamaan dengan membidik melalui viewfinder hingga kamu mendapatkan titik fokus yang diinginkan.
Penyebab Hasil Foto Buram
Jika melihat beberapa penyebab foto buram di atas, pastinya sobat sudah bisa memprediksi bahwa sebelum mengambil gambar, beberapa hal di atas patut untuk diperhitungkan. Sehingga, foto pun akan tampak lebih tajam dan jelas. Namun, satu hal yang jelas bahwa untuk mencegah terjadinya foto buram, fokuslah pada titik obyek dan tunggu sampai benar-benar obyek terbidik dengan pas. Nah, itulah tadi penyebab foto buram. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat buat kawan-kawan semua. Sekian dan sampai jumpa.

0 comments :

© 2011-2014 Az Creative. Designed by Bloggertheme9. Powered By Blogger | Published By Blogger Templates .